Semarang, 23 Agustus 2022 –Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Kadisarpus) Kota Semarang, Endang Sarwiningsih Setyawulan resmi menyandang gelar Doktor di Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Peraihan gelar tersebut diberikan setelah sidang terbuka disertasi diselenggarakan di Ruang Aula Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Semarang berhasil mempertahankan disertasi nya yang berjudul “Peran Mardhatillah Curiosity Menuju Human Resources Performance”. Dalam disertasi nya, ia menemukan konsep baru yakni Mardhatillah Curiosity Motivation. Konsep tersebut mengetengahkan dorongan rasa ingin tahu SDM untuk menggapai ridha Allah dalam upaya mencapai kinerja yang optimal. Sebagai Kepala Arsip dan Perpustakaan, tentunya ia akan menerapkan Mardhatillah Curiosity Motivation dalam mengelola SDM di instansinya. Prof. Olivia Fachrunnisa, SE., M.Si, Ph.D sebagai Ketua Sidang menambahkan bahwa “penerapan Mardhatillah Curiosity Motivation harus dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini juga”.

Dalam berlangsungnya sidang terbuka, Dr. Hendrar Prihadi, SE., M.M selaku Walikota Semarang menjadi penguji eksternal sekaligus saksi lahirnya Doktor Baru di instansi Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Selain itu, penguji internal yakni Prof. Olivia Fachrunnisa, SE., M.Si, Ph.D, Prof. Dr. Tatiek Nurhayati, SE., MM, Prof. Dr. Heru Sulistyo, SE., M.Si, Drs. Bedjo Santoso, MT., Ph.D, Dr. Marno Nugroho, SE., MM juga turut menjadi saksi lahirnya doktor baru. Tak lupa, Prof. Dr. Widodo, SE., M.Si dan Dr. Moch Zulfa, SE., M.Si yang merupakan tim promotor, senantiasa mendampingi perjalanan pengerjaan disertasi Endang Sarwiningsih Setyawulan dari awal hingga akhir.

“Beliau ini sangat pandai sekali dalam mengatur waktu, tentu tidak mudah di tengah kesibukanya dalam menjalankan peran Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, namun ia harus tetap melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa S3 untuk menyelesaikan studinya dengan tepat waktu” ungkap Dr. Moch. Zulfa, SE., M.Si selaku Tim Promotor. Di tengah perjalanan Endang Sarwiningsih Setyawulan dalam menyelesaikan studi S3 di Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA, Endang mengaku sempat ingin meyerah, tetapi ia mengingat bahwa menuntut ilmu adalah bagian dari jihad di jalan Allah, lalu ia kembali bangkit dan menyelesaikan studi nya dengan tepat waktu.

Di penghujung acara sidang terbuka disertasi, Dr. Endang Sarwiningsih Setyawulan, SE., MM., Ak telah dinyatakan lulus dengan IPK 3,71, sehingga resmi menjadi Doktor yang ke-16 Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Leave a reply