Semarang, 29 Desember 2022 – Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, resmi menambah jajaran guru besar di penghujung tahun 2022. Prof. Dr. Mutamimah, SE., M.Si telah dikukuhkan sebagai guru besar ke-11 pada bidang Ilmu Manajemen yang berfokus pada Manajemen Keuangan (29/12/2022). Hal ini menjadikan Fakultas Ekonomi UNISSULA memiliki eksistensi yang baik dan berkelanjutan untuk terus menciptakan generasi khaira ummah dengan mengimplementasikan nilai-nilai islam dalam pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas maupun di luar kelas.

Pada acara pengukuhanya yang berlangsung secara luring, di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) UNISSULA, Prof. Dr. Mutamimah, SE., M.Si menyampaikan misi nya untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM melalui teknologi blockchain. Hal tersebut disampaikan melalui pidato pengukuhannya yang berjudul “Tata Kelola Perusahaan Terintegrasi Berbasis  Teknologi Blockchain bagi UMKM Produk dan Jasa Halal”.

UMKM produk dan jasa halal mempunyai potensi strategis jika dikembangkan secara digital. Dalam menyelesaikan permasalahan kredit macet ataupun masalah ekonomi lainya tidak dapat diselesaikan secara sendiri-sendiri, namun harus diselesaikan secara bersama-sama, terintegrasi dan saling terbuka satu dengan yang lain. “Hal ini berarti bahwa dengan penerapan tata kelola terintegrasi pada semua mitra terkait dalam proses bisnis yang berbasis pada teknologi blockchain, akan dapat mewujudkan prinsip-prinsip corporate governance yang berbasis nilai-nilai islam fairness, shidiq, tabligh, amanah dan  fathonah” ungkap Prof Mutamimah dalam pidato pengukuhanya.

Berbagai karya ilmiah yang telah tercipta, diantaranya lebih dari 22 judul buku yang dihasilkan, dan publikasi ilmiah yang telah terbit pada jurnal internasional dan nasional bereputasi, serta 33 artikel popular yang berhasil publish di media massa cetak dan online berskala nasional. Bukan hanya produktif dalam menulis, beliau juga menjadi reviewer di berbagai jurnal internasional dan nasional.

Prof. Mutamimah merupakan seorang pembelajar yang tekun, hal ini dibuktikan bahwa beliau selalu mendapatkan peringkat 1 dari bangku Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan prestasi yang telah diraih sejak kecil, beliau sangat pantas untuk meraih prestasi yang membanggakan ini. Namun peraihan gelar professor bukan sebuah tujuan, melainkan sebuah anugrah dari Allah SWT yang menuntut tanggung jawab besar dalam memberikan kontribusi keilmuan dan pemikiran bagi masyakarat luas khusunya untuk perguruan tinggi tercinta.

Kini Fakultas Ekonomi UNISSULA secara resmi telah memiliki 11 Guru Besar. “Universitas Islam Sultan Agung ini mempunyai semangat untuk melaksanakan praktek yang baik atau good experience dalam penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi, salah satu upaya yang dilaksanakan UNISSULA yakni terlihat pada saat ini dengan terus bertambah akumulasi guru besar di setiap tahunya, ada 3 guru besar yang lahir dari bumi nya UNISSULA, harapan saya semoga guru besar yang ada di UNISSULA dapat menjadi role model untuk mahasiswa dan civitas akademika UNISSULA” ujar Bhimo Widyo Andoko, SH., MH selaku Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah VI.

Leave a reply