Semarang, 22 Desember 2022 – Nuswantoro Setyadi Pradono telah menyandang gelar Doktor setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Doktor Ilmu Manajemen. Gelar tersebut diberikan pada sidang terbuka disertasi dilaksanakan secara luring di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) (22/12/22). 

Nuswantoro berhasil mempertahankan Disertasi nya yang berjudul “Kinerja Usaha Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian Berbasis Integrasi Lintas Fungsi: Peran Mediasi Waqi’iyah Networking”. Dalam disertasinya, beliau menemukan konsep baru yakni “Waqi’iyah Networking”. Waqi’iyah Networking merupakan integrasi dari resource advantage theory dan Al-Quran/Al-Hadist. Waqiah networking merupakan semangat dalam membangun jejaring pemasaran untuk kekuatan hubungan interaktif yang dilandasi professional dan kejujuran; kekuatan kerja sama melalui komunikasi intens yang dilandasi kejujuran, professional dan fleksibel; saling membutuhkan satu sama lain yang dilandasi nilai-nilai religiusitas; dan saling berinteraksi melalui pertukaran yang adaptif dan jujur. “Dengan adanya Waqi’iyah Networking diharapkan mampu meningkatkan marketing performance usaha pelayanan jasa alat mesin pertanian” ujar Nuswantoro pada saat mempresentasikan hasil disertasinya.

Sidang terbuka tersebut dihadiri oleh Promotor dan Co Promotor yakni Prof. Dr. Heru Sulistyo, SE., M,Si dan Dr. Moh Zulfa, SE., M.Si. Selain itu, segenap jajaran penguji internal Prof. Dr. Widodo, SE.,M.Si, Prof. Dr. Hendar, SE., M.Si, Dr. Budhi Cahyono, SE., M.Si dan Dr. Alifah Ratnawati, SE., M.M juga turut hadir dalam sidang terbuka tersebut. Penguji Eksternal Prof Dr. Suliyanto, SE., M.Si yang merupakan Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman Purwokerto turut hadir menjadi saksi lahirnya Doktor baru Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Di penghujung ujian terbuka, telah disampaikan hasil yudisium Sidang Terbuka bahwa Nuswantoro dinyatakan lulus. “Saya sangat mengikuti perjuangan Pak Nus dari awal sampai akhir, beliau ini merupakan pribadi yang tertib dan disiplin serta responsive dalam pengerjaan disertasi nya” ungkap Dr. Zulfa selaku Co Prmotor. Dengan perjuangan yang sangat luar biasa, Dr. Nuswantoro lulus dengan meraih predikat Cumlaude dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88. Kini Dr. Nuswantoro telah resmi menjadi Doktor ke 21 Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Leave a reply