Semarang, 5 Desember 2023 – Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Semarang, Jawa Tengah resmi menambah sederet guru besarnya. Prof. Dr. Alifah Ratnawati, SE., MM dikukuhkan sebagai guru besar ke-13 dalam bidang ilmu manajemen yang berfokus pada pemasaran. Peningkatan jumlah guru besar yang cukup konsisten setiap tahun sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di Fakultas Ekonomi UNISSULA.

Dalam pengukuhanya, Prof. Alifah memaparkan pidato pengukuhan yang berjudul “Engagement Religious Complete: Penguatan Kemitraan Organisasi dalam prespektif Islam”. Prof. Alifah menjelaskan bagaimana peningkatan partnership performance dapat terjadi melalui engagement religious compliance (ikatan religious) yang berpengaruh secara langsung terhadap pada partnership performance. “Keterlibatan organisasi dalam bermitra yang dilandasi dengan norma-norma agama telah membawa dampak terhadap kinerja kemitraan yang meningkat” ungkap Prof Alifah. Kinerja dalam aspek ini tidak hanya diukur dari sisi keberkahan dan kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

Prof. Dr. Gunarto, SH., MH mengatakan Prof Alifah Ratnawati merupakan guru besar yang ke 54 Unissula. Sementara itu, Prof Alifah mengatakan, pengukuhan ini menjadi hal yang  baik untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang akademik maupun di bidang non akademik. Pengukuhan tersebut menjadikan Fakultas Ekonomi UNISSULA memiliki 13 guru besar. Tak heran jika Fakultas Eknomi UNISSULA menjadi salah satu Fakultas PTS Islami dengan guru besar terbanyak Se-Indonesia.

Alumni Program Doktor Ilmu Manajemen UNISSULA, mendapatkan 20 hibah penelitian 25 Prosiding internasional maupun nasional, serta penerbitan di jurnal internasional dan nasional yang bereputasi. “Ada yang menarik dari Prof Alifah, ketika proses kuliah di PDIM, rasa ingin tahun yang sangat tinggi sehingga memiliki konsekoensi kapabilitas dalam menghasilkan artikel jurnal internasional yang bereputasi” ungkap Prof Widodo selaku tim promotor disertasi.  Menutup rangkaian prosesi tersebut, melalui pengukuhan ini Fakultas Ekonomi UNISSULA dapat mengembangkan sayapnya lebih jauh lagi dan membawa nama baik Fakultas Ekonomi UNISSULA di jenjang yang lebih tinggi.

Leave a reply